Saturday 9 March 2013

Kelebihan dan Kekurangan Generator DC & Generator AC

Assalamu'alaikum..
Saya ingin sedikit berbagi ilmu tentang Generator AC dan Generator DC..
Ilmunya masih ingat karena baru beberapa hari yang lalu diajarkan oleh dosen saya.
tulisan ini berdasarkan dari dosen saya dan beberapa referensi di internet..
jika ada kesalahan tolong dibenarkan ..

Selamat membaca :D


Kelebihan dan Kekurangan Generator DC & Generator AC

Generator listrik adalah sebuah alat yang memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik, biasanya dengan menggunakan induksi elektromagnetik..

berdasarkan arah arus listrik yang dihasilkan oleh generator tersebut, Generator Listrik dibedakan menjadi 2 jenis yaitu,

1.       Generator DC


Generator DC merupakan sebuah perangkat mesin listrik dinamis yang mengubah energi mekanis menjadi energi listrik. Generator DC menghasilkan arus DC / arus searah.

Perbedaan generator DC dengan Generator AC yang paling menonjol  adalah generator DC menggunakan komutator sedangkan generator AC menggunakan Slip Ring.

Komutator pada generator DC berguna untuk menjaga arah putar rotor supaya tetap satu arah putaran. atau menyearahkan arus-tegangan dari AC menjadi DC secara mekanis pada terminalnya untuk generator DC


Komutator berbentuk seperti silinder yang mempunyai banyak segmen-segmen disekelilingnya. 

Setiap segmen dihubungkan oleh kawat atau kabel, karena jumlah segmen pada komutator jumlahnya sangat banyak maka kawat atau kabel yang dibutuhkan juga banyak sehingga ini menjadi salah satu kekurangan dari komutator yaitu konstruksinya rumit. Karena konstruksinya yang rumit dan membutuhkan kawat atau kabel yang banyak, generator DC menjadi mahal harganya. 
Selain itu, akibat komutator mempunyai segmen-segmen yang banyak dengan jarak yang relatif dekat, ketika komutator berputar dengan kecepatan yang tingi akan menghasilkan suara yang bising. Dan akibat jarak yang dekat antartiap segmen, kapasitas tegangannya juga rendah (max 5MW) karena dikhawatirkan akan terjadi peloncatan bunga api listrik. Kelemahan berikutnya pada komutator adalah komutator yang sedang berputar harus dihubungkan dengan brush (yang terdiri dari material Carbon) guna untuk menyalurkan arus DC ke rotor generator. Hal ini mengakibatkan maintenance yang dilakukan harus lebih sering, karena brush akan mengalami "Aus" yang mengakibatkan adanya serpihan-serpihan karbon pada komutator.

Namun, salah satu keunggulan Generator DC adalah mempunyai Torsi awal yang besar, sehingga banyak digunakan sebagai starter motor.

2.       Generator AC



Generator AC merupakan sebuah perangkat mesin listrik dinamis yang mengubah energi mekanis menjadi energi listrik. Generator AC menghasilkan arus AC (arus bolak balik).

Pada Generator AC digunakan Slip Ring yang berfungsi sebagai pengganti dari komutator.


Bentuk fisik dari slip ring adalah seperti cincin-cincin yang dihubungkan satu sama lain. berbeda dari bentuk komutator yang mempunyai banyak segmen. Hal Ini memberikan banyak keuntungan pada Slip Ring. 
Slip Ring tidak membutuhkan terlalu banyak kawat atau kabel yang dihubungkan kepadanya, sehingga konstruksinya sederhana. hal ini juga mengakibatkan harga dari Generator AC lebih murah. Selain itu Slip ring juga tidak mempunyai banyak segmen-segmen yang berjarak , sehingga saat Slip ring berputar dengan kecepatan tinggi tidak mengakibatkan bising. 
Kemungkinan terjadinya peloncatan bunga api  jugasemakin sedikit karena , jarak antar cincin lumayan jauh, hal ini mengakibatkan kapasitas tegangannya menjadi tinggi (750MW).


Namun, generator AC juga mempunyai kekurangan yaitu Torsi Awal yang dihasilkan lemah..















3 comments:

  1. bagus artikelnyaaa ,, kunbal http://www.kazegdid.net/ ^_^

    ReplyDelete
  2. nice sharing gan, bagus nihh :D
    kunjungi juga artikel berikut :
    http://dickysahabat.blogspot.com
    http://tuanunik.blogspot.com

    ReplyDelete